Jumat, 23 November 2012

Sambung Ilmu di Bulan Berkah


Apa kabar facebookku?

Beberapa minggu ini atau bahkan sudah terlewat bulan, aku pun tidak berkeinginan untuk mengunjunginya. Entah mengapa, aku lebih suka ngeblog akhir-akhir ini. Kalau pun sempat, hanya sekedar mampir membuka-buka catatan yang ditag kepadaku. Dan baru tadi malam aku mencoba membukanya kembali.

Aku sendiri mempunyai beberapa komunitas di FB, komunitas para pecinta pena yang ingin belajar menulis, komunitas teman-teman sepengajian atau pun komunitas khusus buat keluargaku sendiri. Dan kalimat inilah yang aku temukan diantara komunitas teman-teman sepengajianku.

“Maaf, bukankah FB ini ditujukan untuk sambung ilmu? Kenapa di bulan berkah seperti ini tidak ada postingan soal amalan apa yang harus dilakukan ya? Apakah tidak menyadari banyak teman yang jauh atau sudah lama tidak mengaji menunggu kiriman ilmunya? Ayolah…jangan hanya foto-foto saja yang diupload! Maaf sekali lagi…jazakumullah.”


Degg, jantungku seperti berhenti berdetak. Sungguh, betapa aku merasa bersalah kepadamu. Walau sebenarnya kalimat itu bukan khusus ditujukan kepadaku tapi sebagai sahabat karibnya, aku pun merasa tersindir. Betapa aku lalai dan melupakan sahabatku nun jauh disana.


Ya begitulah facebook, ada segi negative dan positifnya. Semua tergantung dari diri kita, semoga kita bisa memanfaatkan jejaring sosial itu dengan sebaik-baiknya. Ada saatnya kita meng-upload foto tapi ada saatnya pula kita saling mengingatkan, menguatkan dan mendoakan baik berupa tulisan atau sekedar catatan penuh makna di ‘wall’ kita, yang bisa memberikan manfaat buat diri kita sendiri maupun orang lain.

Marilah kita sama-sama belajar, belajar untuk menata diri dan hati menuju perbaikan dan kebaikan yang Alloh ridhoi. Semoga Alloh memberi kemudahan dan keberkahan atas apa yang sudah dan akan kita jalankan. Amin Ya Robbal’alamin.

Tak terasa, hari ini adalah hari yang ke-9 di bulan muharram, tepatnya tanggal 23 Nopember 2012. Itu artinya, kita dianjurkan untuk berpuasa meski puasa di bulan Muharram bukan puasa wajib, tapi berpuasa pada bulan Muharram akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah Subhanahu Wata’ala, khususnya pada tanggal 10 Muharram. Semoga kita tidak lupa untuk menjalankannya.

Hukum puasa Asyuro’ adalah Sunnah Muakkad dan dianjurkan berpuasa satu hari sebelum atau sesudahnya agar berbeda dengan praktek Yahudi. Jadi bisa hari yang ke-9 dan 10 Muharram atau hari yang ke-10 dan 11 di bulan Muharram.

Kemudian amalan utama apa yang bisa kita lakukan selain berpuasa?

Hari Asyuro’ adalah momentum yang tepat sekali untuk bertaubat dan kembali kepada Alloh Subhanahu Wata’ala yaitu dengan memperbanyak istighfar (berharap ampunan), tidak sekedar membacanya di lisan namun menerapkannya dalam kehidupan nyata. Demikianlah dahulu yang dilakukan oleh Nabiulloh Adam, Nabiulloh Nuh, Nabiulloh Musa, dan Nabiulloh Yunus.

Dengan beristighfar berarti kita mengakui segala kesalahan yang berkaitan dengan keteledoran kepada Alloh Ta’ala dan juga mengakui segala kesalahan yang kita lakukan kepada sesama manusia berikut lingkungannya.

Amalan-amalan utama lain yang bisa dilakukan adalah :
 Memberikan nafkah yang lebih banyak daripada biasanya, bagi suami kepada istrinya.
 Bershodaqoh
 Mengasihi anak yatim.

Akhirnya dengan melihat keutamaan di atas, bisa jadi hari Asyuro’ merupakan salah satu dari hembusan-hembusan (nafahat) Alloh Ar-Rahman, maka hendaklah hembusan itu kita sambut dengan perasaan gembira dan dengan niatan yang sungguh-sungguh.

Semoga kita belum terlambat menjalankannya. Mulailah dari sekarang, jangan menunggu tahun depan, belum tentu tahun depan kita masih diberi kesempatan.

Wallahu a’lam bisshowab

4 komentar:

  1. aku jarang upload eh gak pernah deh sudah lama , pasang status juga gak mbak. paling sesekali komen aja. lebih nyaman nulis di blog walaupun tulisan seadanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...saya juga sama Mbak, lebih nyaman ngeblok ternyata :)

      Hapus
  2. sepakat dan sependapat, ngeblog bagi saya juga lebih nyaman dan menyenangkan, walau kenyataan belakangan jarang update tulisan. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat dan sependapat, yang penting istiqomah, entah mau 1 minggu sekali, 1 bulan sekali tapi jangan sampai deh 1 tahun sekali :)

      Hapus