Rabu, 20 April 2011

PENTINGNYA MENDATANGI MAJELIS ILMI

         Banyak hadits yang menyebutkan tentang dianjurkannya kita untuk mendatangi majelis-majelis taklim (majelis ilmi) guna mengkaji kalam-kalam Allah, di mana di antaranya disebutkan bahwa :
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, beliau berkata bahwa Rosulullah Shallallahu’alaihi Wa sallam bersabda :
“ … Barangsiapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju ke surga…” (HR. Muslim)
Hadits di atas menganjurkan kita untuk mendatangi majelis ilmi. Majelis ilmi adalah sebuah tempat di mana kita bisa menggali ilmu agama sebanyak-banyaknya, bisa di masjid atau tempat yang biasa untuk taklim atau pengajian yang di dalamnya mengkaji tentang ilmu-ilmu agama. Inilah salah satu jalan untuk memudahkan kita menuju surga.
Di sela-sela kesibukan kita mencari bekal untuk dunia, marilah kita luangkan waktu sebisa mungkin untuk mencari ilmu Allah sebagai bekal  di akhirat kelak. Hal ini lebih baik dari pada tidak sama sekali. Jangan karena kesibukan dunia akhirnya kita melupakan akhirat kita. Sesibuk apapun marilah kita usahakan untuk mendatangi majelis-majelis taklim. Dengan begitu, Insya Allah kita dimudahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala menuju surga-Nya.    
Sedangkan untuk menuju surga-Nya,  tidak cukup hanya mencari ilmu Allah dengan hanya membaca buku-buku, majalah-majalah Islam atau juga tulisan-tulisan atau artikel-artikel yang bisa kita dapatkan lewat internet.  Itu semua hanya untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang ilmu-ilmu Allah.
 Dan tidak cukup pula dengan hanya melakukan kewajiban-kewajiban kita sebagai seorang muslim seperti shalat, puasa, zakat, tetapi Allah menganjurkan kepada hamba-Nya untuk mendatangi majelis-majelis taklim atau yang biasa disebut dengan majelis ilmi, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dzar Radhiyallahu’anhu  bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa salam bersabda :
Hai Abu Dzar, jika engkau pergi lalu mempelajari satu ayat dari kitab Allah adalah lebih baik bagimu daripada kamu shalat 100 rakaat. Jika engkau pergi lalu mempelajari suatu bab ilmu yang dapat diamalkan adalah lebih baik bagimu dibandingkan kamu shalat 1000 rakaat”. (HR. Ibnu Majah)
Apabila kita mendatangi majelis ilmi, maka tidak hanya ilmu yang bisa kita dapatkan tapi juga kita akan didoakan oleh beribu-ribu Malaikat, bukan Malaikat saja, semut-semut dalam lubangnya, juga ikan-ikan dalam luasnya samudra tidak mau ketinggalan mengirimkan sholawat pada kita yang hadir dalam sebuah majelis ilmi. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan At-Tirmidzi :
“Allah dan para Malaikat dan penduduk langit dan bumi, hingga semut dalam lubangnya dan ikan mengirimkan sholawat pada orang-orang yang mengajari manusia dalam kebaikan”.
(HR. At-Tirmidzi)
          Apalagi kalau hati kita lagi gundah gulana, resah gelisah, maunya pengin marah-marah misalkan, maka datangilah majelis ilmi. Dengan mendatangi majelis ilmi, Insya Allah hati kita menjadi tenang. Bisa jadi apa yang disampaikan oleh guru ngaji kita atau oleh orang-orang yang sholeh, sesuai dengan keadaan hati kita pada saat itu. Dan semua itu, bisa dijadikan obat penyejuk buat hati kita.
Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa :
”Dekatkanlah kamu dengan orang-orang yang sholeh maka hatimu akan tenang”
Tidak hanya itu saja, Allah akan memberikan  Rahmat-Nya pada kita dan kita akan dikelilingi oleh Malaikat-Malaikat. Sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dzar. Radhiyallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu’alaihi Wa sallam bersabda :
”… Dan tidaklah orang-orang berkumpul pada salah satu dari rumah-rumah Allah Ta’ala (masjid-masjid) sedang mereka membaca kitab Allah dan mempelajarinya diantara mereka,  melainkan akan turun ketenangan kepada mereka serta diliputi oleh Rahmat dan mereka akan dikelilingi oleh para Malaikat…”. (HR. Muslim)
Subhanallah!!
Itulah balasan Allah Subhanahu Wa Ta’ala terhadap hamba-Nya yang bersungguh-sungguh mencari dan mendatangi atau berkumpul dengan orang-orang yang sholeh untuk mengkaji ilmu-ilmu Allah. Akan lebih baik lagi apabila apa yang sudah kita dapatkan, kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Sudahkah kita meluangkan waktunya untuk itu ?
 ****
Saya menulis ini, sekaligus untuk mengingatkan diri saya. Akhir-akhir ini, saya terlalu sibuk dengan urusan diri sendiri sampai-sampai nggak sempat meluangkan waktu untuk mencari dan mendatangi majelis ilmi. Oleh karena itulah, saya ingin mengajak para pembaca, para pencinta dunia maya, sahabat-sahabat pena, dan siapa saja yang ingin bergabung agar saling mengingatkan, saling menguatkan dan saling mendoakan.
Semoga apa yang tersaji di “Ngaji Yuk!” ini bermanfaat, bisa diambil hikmah dan pelajarannya buat siapa saja yang membacanya. Mohon maaf apabila  ada sisi-sisi atau pendapat yang berbeda. Jadikanlah perbedaan itu indah pada akhirnya. Amin.

 Wallahu a’lam bis shawab

1 komentar: